Saturday, June 13, 2015

Review, Lagu Promise - EXO

940310-940412

^^





Jujur, aku suka banget sama lagu Promise milik EXO. Ya, lagu ini memang diciptakan oleh member EXO untuk kita – fans mereka – EXO L. Isi lagu dan makna lagu yang terdapat dalam untaian lirik lagu-lagu ini benar-benar sesuai dengan apa yang EXO-L rasakan. Setiap kali aku denger lagu ini, entah kenapa air mata ini selalu menyeruak keluar tanpa harus aku perintah. Bahkan, sebelum aku tau arti lagu ini dan hanya mendenger audio nya aja, entah kanapa hati aku langsung merasa sedih saat mendengarnya. Ternyata lagu ini, bener-bener penuh akan makna untuk EXO-L dan tentunya untuk EXO sendiri.
Secara umum, lagu ini menceritakan tentang kekhawatiran member EXO apakah mereka layak mendapatkan berjuta cinta dari EXO-L – fans mereka, sementara beberapa waktu yang lalu mereka sadar, bahwa mereka – EXO secara tak langsung telah membuat fans mereka kecewa. Dengan silih bergantinya masalah yang menimpa EXO. Dalam lagu ini mereka pun mengungkapkan rasa takutnya karena telah menyakiti EXO-L, mereka ingin menahan kita agar tak pergi dari EXO tapi sayangnya mereka tak tahu apa yang harus EXO katakan pada fans nya untuk tetap bertahan.
.


Terkadang, aku menyendiri dan jatuh dalam pikiran ku sendiri
Memikirkan tentang diriku diatas panggung

Dalam petikan lirik ini, kita tau bahwa member EXO terkadang selalu memikirkan, apakah mereka layak dicintai seperti ini? apakah mereka telah menampilkan kemampuan terbaiknya diatas panggung untuk EXO-L? Apakah aksi panggung mereka telah memuaskan para fans? Dan pada akhirnya mereka berpikir, apakah mereka layak mendapat cinta sebesar ini? – instropeksi, ya itulah kata yang paling tepat menggambarkan potongan lirik ini.


Kau bahkan menyukai momen kikuk ku
Aku khawatir apakah aku pantas mendapat cinta (ini)

Member EXO sadar, bahwa entah mengapa setiap gerak-gerik mereka selalu berhasil membuat kita – EXO-L bahagia, apakah mereka layak mendapatkan perhatian sebesar ini? apakah mereka layak mendapatkan cinta yang tak bersyarat ini? apakah mereka layak?


Kau selalu menunggu ku ditempat yang sama
Kau memelukku dengan tanganmu, (aku) sangat berterimakasih untuk mu

Tanpa rasa letih, setiap hari setiap saat EXO-L selalu menunggu EXO dimanapun mereka berada. Baik di depan kantor SM ataupun  bagi mereka fans EXO luar negeri yang selalu setia dengan sabar menunggu comebacknya EXO. Dan karena hal ini, EXO pun sangat berterimakasih atas semua hal yang telah dilakukan oleh fans, dalam hal ini – menunggu. Dan jika bisa, EXO pun berharap dapat memeluk semua fansnya sebagai tanda ucapan terima kasih.


Aku tak akan pernah lupa
Aku akan membuatmu bahagia
Seperti yang (aku) katakan, KITA ADALAH SATU

Ya, dalam lirik ini EXO mengungkapkan bahwa mereka tak akan pernah lupa atas semua pengorbanan yang telah dilakukan oleh fansnya – EXO-L dan berjanji untuk selalu membuat fans mereka bahagia apapun yang tejadi. Seperti slogan yang selalu mereka serukan dimanapun dan kapanpun, bahwa WE ARE ONE. Slogan ini bukan hanya untuk menyatukan EXO-K dan EXO-M namun, slogan ini juga untuk menandakan bahwa EXO dan EXO-L itu adalah satu. Dan kita tak kan bisa hidup terpisah sampai kapanpun. EXO tak kan seperti sekarang tanpa EXO-L. dan EXO-L tak kan pernah ada jika tak ada EXO.


Bahkan setelah waktu berlalu, aku tak dapat mengatakan apapun dan hanya menahan kata-kata ku
Kata yang ku katakan, maafkan aku, aku cinta kamu, tetaplah percaya padaku seperti yang kau lakukan sekarang

Disini EXO mencoba mengungkapkan penyesalannya, bahwa sampai masalah yang mereka hadapi dapat berlalu, sayangnya mereka tak bisa mengucapkan sepatah dua patah kata yang dapat menenangkan hati para fans. Dimana saat itu, hati para fans sangatlah rapuh dan mereka menyayangkan bahwa mengapa saat itu mereka tak bisa sedikit menenangkan perasaan para fansnya. Maaf, aku cinta padamu dan tetaplah percaya pada kami – EXO adalah sejumlah kata yang ingin mereka ucapkan saat itu. Tapi sayang, untaian kata itu hanya bisa mereka tahan dan sekarang lah mereka ingin mengungkapkannya pada kita –fans mereka – EXO-L.


Aku akan memeluk mu, aku akan menggenggam tangan mu
Jika (ini) dapat membuat hati mu lebih baik
Aku akan memberikan semua yang ku miliki
Aku ingin melindungi senyum mu (melindungi)
Selalu..

Inilah yang ingin dilakukan oleh semua member EXO sekarang kepada para fansnya, memeluk dan menggenggam hati para fans, untuk bisa membuat hati fans menjadi lebih baik. Bahkan EXO pun sanggup memberikan apa yang mereka ia punya, hanya untuk melindungi senyuman para fans selama ini. Senyuman yang akhir-akhir ini berubah menjadi sebuah air mata. Senyuman inilah yang ingin EXO lindungi dari para fansnya, selamanya.. Ya, EXO selalu ingin melihat seluruh fansnya tersenyum bahagia, sampai kapanpun. Bukankah, cinta itu pada akhirnya harus memberikan kebahagiaan, bukanlah sebuah air mata ataupun kepedihan.


Di waktu yang sama, kau terlihat menangis bahkan saat kau tersenyum
Kau tak bisa mencintaiku dengan hati yang tenang
Dan kau (selalu) merindukan ku sebagai ingatan yang (selalu) kau kenang
Hati ku sakit karena mu

Disini, EXO sadar bahwa dibalik senyum para Fans yang selalu mereka lihat saat mereka perform, terkadang di balik senyum itu, kami –EXO-L menahan rasa tangis yang ingin keluar saat mereka tampil dihadapan kami. 12 member awalnya, dan lambat laun berkurang satu demi satu dan kini hanya menyisakan 10 member. Tidak kah itu sangat sulit untuk diterima oleh para fans. Meskipun kami tersenyum, namun jauh di hati kami terdapat luka yang sampai kapan pun tak bisa diobati secara sempurna. Bahkan luka itu pun terkadang selalu terbuka sendiri saat kenangan EXO full member tiba-tiba muncul dalam benak kami. Lirik ini memang benar, kami- EXO-L tak bisa mencintai EXO dengan hati yang tenang, seperti yang dilakukan oleh para fans lain dengan idola mereka masing-masing. Terlalu banyak hal-hal sulit yang menimpa EXO dan EXO-L, bahkan sanggupkah para fans bertahan? – mungkin itu juga lah yang dipikirkan oleh para member EXO saat itu. Mungkinkah para fans kami akan tetap bertahan untuk mencintai EXO?


Aku bahkan tak mampu menenangkan mu, berkata bahwa ini akan baik-baik saja, hali ini akan segera terlupakan
Dan aku merasa gelisah kembali
Aku ingin menahan mu dan meminta mu untuk tak pergi

Disini kembali diulang rasa penyesalan member EXO yang saat berbagai masalah itu muncul, mengapa mereka tak bisa mengungkapkan sebuah kata yang dapat menenangkan hati para fans. Mengapa saat itu mereka tak mencoba untuk menenangkan hati para fans yang terluka. Dan disini pun, diungkap dengan jelas bahwa EXO ingin sekali menahan para fans-nya agar tak pergi dan agar tetap selalu berada di samping EXO, tapi apakah mereka pantas meminta ini semua, setelah sebelumnya secara tak langsung mereka telah membuat hati para fans terluka?


Aku tahu aku tak kan bisa mengembalikan janji yang telah aku langgar (sebelumnya)
Tapi, aku ingin tinggal dan bernapas disamping mu sepanjang hidupku
Aku berdoa bahwa kau akan bahagia seperti kau yang dulu

EXO sadar bahwa mereka telah merusak janji mereka dulu (entah janji untuk tetap selalu bersama 12 member atau janji untuk selalu membuat EXO-L tersenyum? *entahlah) dan mereka sadar bahwa janji yang telah mereka rusak itu tak mungkin dapat mereka kembalikan lagi secara utuh seperti sedia kala. Luka terlanjur muncul dalam hati para fans mereka. Tapi, walaupun mereka tak bisa menjaga janji mereka dulu, namun mereka –EXO selalu ingin kita tetap berada disamping mereka selamanya dan selalu mendukung mereka sampai kapanpun. EXO pun berharap semoga EXO-L dapat menjadi EXO-L seperti dulu kala, EXO-L yang selalu ceria dan EXO-L yang belum pernah merasa terluka dengan permasalahan ini. /tapi itu tak mungkin oppa, luka terlanjur tercipta../


Terima kasih, Maafkan aku, Aku mencintai mu
Bahkan jika aku memberikan mu semua yang aku punya, itu belumlah cukup
Cinta ku, aku akan melindungi mu selamanya
Hanya ikutilah aku..

Terima kasih, Maaf dan aku mencintaimu.. kata-kata itulah yang dapat EXO katakan pada kita –EXO-L.
Terimakasih, karena kalian tetap tinggal di sisi kami.
Maaf, karena kami telah membuat kalian kecewa bahkan menangis.
Aku mencintai mu, itulah kata akan selalu aku ucapkan pada mu. Kata yang akan selalu membuatmu merasa lebih baik.
EXO sadar, meskipun mereka menyerahkan seluruh yang mereka punya pada fansnya, untuk menebus semua hal yang telah terjadi, itu belumlah cukup.  Rasa sakit dan kecewa terlanjur terukir di dalam hati para fansnya. Oleh karena itu, dengan seluruh rasa cinta yang EXO punya, mereka ingin melindungi para fansnya selamanya. Dan hanya bahagialah yang akan EXO berikan kepada kita, EXO-L.


Bahkan jika ini (terasa) berat dan aku (merasa) lelah, bahkan jika hati ku sakit, aku akan (tetap) berdiri diatas panggung
Aku akan mengumpulkan semangat ku sekali lagi, untuk mu, yang selalu (setia) menunggu ku

EXO akan menjadi sosok yang terlihat kuat di depan para fansnya, Meskipun mereka merasa lelah dan berat bahkan sakit saat mereka berdiri diatas panggung, mereka akan sekuat tenaga mengembalikan kekuatan mereka dan berdiri dengan tegap di atas panggung. Semua ini mereka lakukan tidak lain tidak bukan adalah untuk menyenangkan hati para fans yang selama ini selalu dengan sabar menunggu EXO untuk kembali ke atas panggung. Semua yang EXO inginkan adalah membuat seluruh fansnya senang dan bahagia.


Begitu banyak hari-hari menyenangkan (tercipta)
Diatas panggung saat hari ulang tahun ku, aku melewatinya bersama mu
Saat kata-kata mu menjadi (suntikan) semangat untuk ku

Disini EXO mencoba mengingat kembali bahwa telah banyak kenangan yang mereka – EXO dan EXO-L ciptakan bersama. Merayakan ulang tahun bersama di atas panggung dan  kenangan indah lainnya yang membuat kita – EXO dan EXO-L tersenyum dan menangis bersama. Seruan-seruan semangat EXO-L yang selalu mereka teriakan dan tulis pada EXO,merupakan salah satu suntikan semangat yang selalu berhasil membuat EXO bangkit dari rasa lelahnya. Suntikan untuk membuat EXO menjadi lebih baik lagi di hari-hari mendatang.


Aku tahu
Aku akan berjanji pada mu, aku tak akan mengecewakan mu
(Aku kan berjanji padamu, aku kan selalu membuatmu tersenyum)
Berjanjilah padaku, tetaplah tinggal seperti yang tengah kau lakukan sekarang
(Berjanjilah padaku sehingga aku (tetap) bisa melihat mu)

Disini, terungkaplah dengan jelas janji EXO pada EXO-L, mereka –EXO berjanji untuk tidak mengecewakan EXO-L lagi, berjanji untuk selalu membuat EXO-L tersenyum, tanpa ada air mata lagi.
Disini juga EXO meminta kepada kita- EXO-L untuk berjanji bahwa mereka akan selalu tetap tinggal disisi EXO apapun yang terjadi dan tetaplah melakukan apa yang sekarang kalian lakukan untuk EXO –mendukung kami , karena dengan tetap tinggallah, EXO dapat menyadari dan melihat keberadaan EXO-L
Karena EXO tak dapat berdiri sendiri tanpa adanya EXO-L disamping mereka. Sosok yang selalu mendukung mereka kapanpun, dimanapun dan apapun yang terjadi.


Hati mu pasti sangat sakit
Aku akan menggenggam (Hati mu) erat
Aku berjanji padamu..

EXO sadar setelah badai masalah yang datang silih berganti datang menghampiri EXO, pasti hati para fans dan EXO sendiri merasa sakit. Namun, EXO mulai dari sekarang akan menggenggam hati mu dan membuat hati itu menjadi lebih baik, sehingga tak ada rasa sakit lagi yang akan dirasakan oleh EXO-L.
Ya, EXO berjanji seperti itu..



Ehem, itulah tafsiran isi lagu Promise milik EXO menurut aku. Lagu yang manis namun memliki makna yang dalam. Aku sadar mungkin tafsiran aku ini tidak lah sesuai 100% dengan pemikiran sang pencipta lagu ini. tapi, inilah yang aku rasakan saat membaca dan mendengarkan lagu ini. Perasaan itulah, yang tercipta saat aku mendengarkan lagu ini. jadi ini semua menurut pemikiran aku, jika ada beberapa kata yang dianggap tak sesuai dan tak menggambarkan lagu ini, maafkan aku. Aku hanya mencoba untuk menjelaskan isi dari lagu ini..

Promise, aku berjanji akan selalu setia di sisi EXO apapun yang terjadi.
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..
Promise..

Tertanda Istri Sehun yang entah keberapa.. ^^

Contact me : LINEID >> aniespurniati
Let’s be Friend!!

WE ARE ONE WE ARE EXO!!

EXO SARANGHAJA!!

23 comments:

  1. Nangis baca nya,kangen ot12 :""""((

    ReplyDelete
  2. Nangis sampe terisak-isak banget gara2 baca ini TT Ahhhh gomawo~

    ReplyDelete
  3. Aku promise ngakk akan meninggalkan exo aku sayang banget ama mereka exo l=exo we are one ;)

    ReplyDelete
  4. Aku promise ngakk akan meninggalkan exo aku sayang banget ama mereka exo l=exo we are one ;)

    ReplyDelete
  5. nangis sampe bantal guling basah semua gara2 baca ini.
    thanks kak.
    im promise ga bakalan ninggalin exo.

    exo sharanghaja
    we are one
    love love love exo

    ReplyDelete
  6. nangis sampe bantal guling basah semua gara2 baca ini.
    thanks kak.
    im promise ga bakalan ninggalin exo.

    exo sharanghaja
    we are one
    love love love exo

    ReplyDelete
  7. 엑소 사랑하사 💘💘💘👍

    ReplyDelete
  8. Entah mngapa tiap dnger lagu ini sllu nangisss.. Trnyta exo jg merasakan apa yg dirasakan exo-l :'(

    ReplyDelete
  9. Baca ini sambil dengerin lagunya...
    Sedih kangen EXO OT12

    ReplyDelete
  10. dan sekarang ketika mereka tinggal 9, aku masih merasa mereka tetap 12

    ReplyDelete
  11. Haiiii ijin copas yaaaa buat tugas>< tapi tenang sumber nya dicantumkan hehehe terimakasiiihh

    ReplyDelete
  12. Kangen ot12 kangen

    ReplyDelete
  13. Dari awal keluar lagu ini, bawaannya pengen nangis dan ternyata makna emang dalem banget😭😭 miss ot12😩

    ReplyDelete
  14. Kangen OT12🙇 Aku baca ini tengah malem sambil dengerin lagunya jadi nangis parah kak😭😭😭😭

    ReplyDelete
  15. Anjir, gua nangis paraaaaaahh 😭😭😭😭
    Tanggung jawab lu thor 😂😂
    Gua jg slalu ngerasain hal yg sama spt yg kalian rasakan pd saat mendengar lagu ini.. dr awal denger udh dpt bgt feelnya, sedih man 😫😫
    Gua jg gak akan ninggalin EXO..
    coz WE ARE ONE !! WE ARE EXO 😊😊😊

    ReplyDelete
  16. bangga jd exol. punya idol yg selalu ngertiin fansnya. exo saranghaja!

    ReplyDelete
  17. Aaah....
    Waluoun udh sangat tau maknanya, tapi tetap aja baca ini bikin mewek😭😭😭

    ReplyDelete
  18. Wahhh artinya sangat menyentuh, aku bacanya sampai menitihkan air mata karena membaca sambil nenghayati lagunya 😭😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
  19. Baca artikelnya plus dengerin lagu
    Bayangin seberapa banyak netes eluhku:(

    ReplyDelete
  20. Ga kuat baca rinci, takut nangis :(

    ReplyDelete